Selasa, 28 Desember 2010

BERLINER MAUER


C.Berlin-krise und Mauerbau
Berlin

Bendera

Lambang
Lokasi antara Uni Eropa dan Jerman
Negara bagian
Pemerintahan
Governing party
4 votes (of 69)
City
89.182 km2 (34.433,4 sq mi)
34 - 115 m (-343 ft)
Populasi (2009-09-30)[1]
City
3.439.100
38,6/km² (99,9/mil² )
5.000.000
Musim panas (DST)
10001–14199
030
B
€ 90.1[2] billion (2009)[rujukan?]
DE3
Situs web

Berlin
Kota metropolitan dengan sejarah penuh pergolakan. Seusai Perang Dunia II beberapa dekade lamanya Berlin merupakan lambang terbaginya Jerman dan pusat "perang dingin" antara negara-negara Sekutu Barat dan Uni Soviet. Pada tahun 1948 Uni Soviet mengadakan blokade terhadap Berlin Barat selama 11 bulan. Hanya berkat kiriman pangan lewat "jembatan udara" warganya dapat bertahan hidup. Pesawat-pesawat Angkatan Udara AS, dengan dukungan pesawat Perancis dan Inggris, mengirimkan baranp, kebutuhan dasar bagi penduduk. Selama dasawarsa 50-an perkembangan di ketiga sektor Barat dan Berlin Timur makin berbeda. Ketika Jerman Timur mulai membangun tembok beton yang membagi kota pada tanggal 13 Agustus 1961, banyak orang merasa bahwa pembagian itu adalah untuk selamanya. Dengan pernyataan "Ich bin ein Berliner" (saga orang Berlin) yang dilontarkannya ketika berpidato di muka balai kota Schbneberg pada tanggal 16 Juni 1963, Presiders AS John F. Kennedy menunjukkan solidaritas kepada warga dan kota Berlin. Beberapa nama terkenal yang pernah menjabat wall kota Berlin Barat dan ikut menentukan sejarah kontemporer antara lain Ernst Reuter, Willy Brandt dan Richard von Weizsacker. Pada tahun 1987 presiders AS Ronald Reagan pernah mengimbau Uni Soviet untuk "meruntuhkan tembok ini" dalam sebuah pidato di dekat Gerbang Brandenburg. Memang tembok itu pun akhirnya diruntuhkan pada tanggal 9 November 1989 mengikuti revolusi damai di Jerman Timur.
lbu kota Jerman dan pusat kebudayaan Eropa. Sebelum kemunduran spiritual dan kultural di bawah diktatur Nazi dan kehancuran kota yang disebabkan Perang Dunia
Berlin adalah ibu kota Republik Federal Jerman sejak tahun 1994. Sebelumnya bagian timur kota ini adalah ibu kota Republik Demokratis Jerman dari tahun 1949 - 1990 dan ibu kota dari negara Jerman bersatu dari tahun 1871 - 1945. Kota ini sekarang (2007) memiliki penduduk sekitar 3,5 juta jiwa, sehingga merupakan kota terbesar kedua di Uni Eropa setelah London.
Dari tahun
1961 - 1989 kota Berlin dipisahkan oleh Tembok Berlin. Bagian barat; Berlin Barat dikuasai oleh Jerman Barat sedangkan bagian timur; Berlin Timur dikuasai oleh Jerman Timur.
Selain sebuah kota, Berlin juga merupakan satu dari 16
negara bagian Jerman, yang berperan sebagai pusat kegiatan perpolitikan Uni Eropa, serta sebagai metropolitan tersibuk di Eropa. Kota ini juga dijadikan sebagai pusat lalu lintas kegiatan ekonomi, budaya, dan pendidikan di Jerman. Beberapa institusi seperti universitas, lembaga penelitian, teater, dan museum terdapat di kota ini.
Letak geografis
Balai kota Berlin tepat terletak pada 52° 31' 6" lintang utara dan 13° 24' 30" bujur timur. Jarak kota ini pada rentang timur-barat sejauh kurang lebih 45 km, dan rentang utara-selatan sejauh kurang lebih 38 km. Dengan luas kurang lebih 892 km², Berlin dikelilingi oleh negara bagian Brandenburg dan terletak di sebelah timur dari wilayah Jerman. Batas negara terdekat dari kota ini adalah dengan Polandia, sekitar 70 km ke arah timur.
Iklim
Kota ini terletak pada daerah beriklim laut moderat. Rata-rata temperatur tahunan di wilayah Berlin-Dahlem adalah 8,9 °C dengan rata-rata curah hujan tahunan sebesar 581 mm. Bulan terhangat adalah bulan Juli dan Agustus dengan suhu rata-rata 17,7 °C sampai 18,5 °C, dan bulan terdingin jatuh pada bulan Januari dan Februari dengan suhu rata-rata -0,3 °C sampai -0,6 °C.
Pembagian wilayah
Pembagian Administratif Kota Berlin di "Bezirk" (garis putih). Garis merah adalah batas "Bezirk" yang lama sebelum tahun 2002
Di Jerman, pembagian wilayah dikenal dengan istilah Bezirk. Pada tanggal 10 Juni 1998 Bezirke di kota Berlin diringkas dari 23 menjadi 12, di mana masing-masing Bezirk memiliki sebuah balai kota.

Tembok Berlin adalah sebuah tembok perbatasan yang memisahkan Berlin Barat dan Berlin Timur serta daerah Jerman Timur lainnya sehingga membuat Berlin Barat sebuah enklave.

Pembangunan Tembok
Tembok ini didirikan pada tanggal 13 Agustus 1961 oleh pemerintahan komunis Jerman Timur di bawah pimpinan Walter Ulbricht karena Berlin Barat adalah sebuah 'lubang' di negara mereka. Antara tahun 1949 sampai tahun 1961 sudah lebih dari 2 juta penduduk Jerman Timur melarikan diri lewat Berlin. Hal ini membuat ekonomi Jerman Timur menjadi kedodoran, karena kebanyakan orang-orang yang masih muda yang melarikan diri. Maka secara rahasia dan tiba-tiba tembok ini dibangun.

Tembok Berlin dan Perang Dingin
Tembok Berlin yang mengurung Berlin Barat dan memotong kota ini persis di tengahnya, menjadi simbol Perang Dingin yang paling terkenal. Banyak pembesar barat, terutama presiden Amerika Serikat yang mengunjungi tembok ini untuk mengutuknya. Presiden J.F Kennedy pada tahun 1963 datang dan berpidato di sisi tembok ini dengan kalimatnya yang ternama: "Ich bin ein Berliner." Lalu 20 tahun kemudian, pada tahun 1983 presiden Ronald Reagan juga berpidato di sini dan mengutuk Uni Soviet yang disebutnya An Evil Empire, atau sebuah kerajaan kejahatan. Tetapi pada tahun 1989, pada hari peringatan Republik Demokratis Jerman, atau Jerman Timur, pemimpin Uni Soviet, Mikhail Gorbachev juga sempat mengunjungi Tembok Berlin dan berkata pada pemimpin Jerman Timur Erich Honecker bahwa “Barangsiapa terlambat datang, akan dihukum oleh hidup

Pelarian melalui Tembok Berlin
Mula-mula tembok ini hanya berupa kawat-kawat berduri saja, tetapi lama-lama dibangun tembok batu yang dilengkapi dengan menara-menara pengawas dan senjata-senjata otomatis bersensor. Meskipun begitu, hal ini tidak mencegah ratusan orang dari Jerman Timur melarikan diri ke Dunia Barat melewati tembok ini sampai dibukanya Tembok Berlin pada tanggal 9 November 1989.
Tembok Berlin Diruntuhkan
Tanggal 9 November 1989, Tembok Berlin, setelah 28 tahun membagi kota ini menjadi Berlin Barat dan Berlin Timur, diruntuhkan. Setelah Perang Dunia Kedua, bagian timur Jerman dikuasai oleh Soviet dan bagian baratnya dikuasai oleh Amerika, Inggris, dan Perancis. Pada tahun 1961, meningkatnya ketidaktentraman dan pelarian penduduk Jerman Timur ke Jerman Barat, membuat pemerintah Jerman Timur dan Jerman Barat khawatir. Mereka kemudian membangun Tembok Berlin dan secara bertahap, tembok ini menjadi simbol pemisahan Jerman. Namun, runtuhnya Uni Soviet yang juga mempengaruhi perkembangan di Jerman Timur, membuat rakyat kedua belah kota Berlin bersatu untuk menghancurkan tembok itu pada tahun 1989. Jerman kini menjadi sebuah negara yang bersatu

Peringatan 20 Tahun runtuhnya Tembok Berlin

Tembok Berlin (bahasa Jerman: Die Berliner Mauer) merupakan tembok di tengah-tengah bandar Berlin.tembok ini adalah pembatas antara jerman timur dan jerman barat.Tembok Berlin menjadi ikon atau simbol kepada Perang Dingin , mula dibina 13 augst 1961 dan diruntuhkan kemudian pada 9 November 1989. Ia menjadi tirai besi dan menjadi garisan sempadan antara Jerman Barat dan Jerman Timur selama 28 tahun. Kekejaman-kekejaman yang terjadi di antara tembok ini sempat membuat warga jerman trauma.
Tembok Berlin diarahkan pembinaannya oleh pemimpin Jerman Timur yaitu Walter Ulbricht dan disetujui oleh pemimpin Rusia ketika itu Nikita Khrushchev.
Para pemimpin dunia di masa lampau dan sekarang ikut bersama warga Jerman, Senin (9/11) untuk merayakan 20 tahun runtuhnya Tembok Berlin — simbol penuh Perang Dingin yang memisahkan sebuah kota dan sebuah benua.
Kenangan 9 Nopember 1989 mendominasi suratkabar Jerman pada akhir pekan dan stasiun-stasiun televisi menayangkan program demi program liputan dokumenter, laporan saksi mata dan panel pembahasan seputar kejadian yang mengubah wajah Eropa.
Tembok Berlin bertahan selama hampir tiga dekade, simbol paling kuat pemisahan Perang Dingin. Keruntuhannya disusul tumbangnya komunisme di seluruh wilayah Eropa timur. Jerman Timur mulai membangun tembok itu pada 31 Agustus 1961 dalam upaya mencegah pelarian orang ke Barat.
Menjelang tahun 1989, tembok itu membentang hampir sejauh 155 kilometer mengelilingi Berlin Barat, termasuk 43 kilometer melalui kota itu sendiri. Dengan tinggi 3,6 meter, tembok tadi diperlengkapi ratusan menara pengawas, berkilometer parit anti-kendaraan, bunker, kawat duri, pagar sinyal dan rintangan-rintangan lainnya.
sejarah dan peristiwa seputar Tembok Berlin:
*     1945: Perang Dunia II berakhir. Berlin — yang terletak jauh di dalam sektor timur Jerman yang baru terbagi dua di Soviet — masuk dalam sektor Amerika, Inggris dan Prancis di Barat, dan sektor Soviet di Timur.(akibat pebgaruh kekalahan jerman pada perang dunia 2
*     1949: Dua negara baru Jerman terbentuk: Jerman Timur — lebih dikenal sebagai Republik Demokratik Jerman; dan Jerman Barat — Republik Federal Jerman.
*    1952: Prihatin dengam arus orang yang masuk ke Barat — sekitar 2,5 juta orang melarikan diri antara tahun 1949 dan 1961 — Jerman Timur menutup perbatasan antara JermanTimur dan Barat, tapi penyeberangan masih mungkin terjadi di beberapa tempat.dan pada saat inilah mulai dijaga dengan ketat dan keras bagi siap saja yang menyebarang tanpa ijin akan ditangkap atau ditembak
*    15 Juni 1961: Pemimpin Jerman Timur Walter Ulbricht mengumumkan “tak seorangpun boleh membangun tembok.”
*     13 Agustus 1961: Pasukan Jerman Timur mulai menutup sektor timur Berlin dengan kawat duri dan perintang jalan untuk memulai pembangunan Tembok Berlin.
*    24 Agustus 1961: Orang pertama ditembak mati saat mencoba menyeberang. Guenter Liftin, 24 tahun, tewas dibunuh oleh pengawal perbatasan Jerman Timur dekat rumahsakit Charite pusat kota. Sedikitnya 136 orang tewas saat mencoba menyeberang; ribuan lagi berhasil menyelamatkan diri mereka.
*    1962: Pekerjaan dimulai pada tembok tahap kedua, termasuk pagar sekitar 100 meter menjorok ke dalam wilayah Jerman Timur untuk membuat “jebakan maut” antara kedua perintang.
*    26 Juni 1963: Presiden John F. Kennedy mengunjungi kota terbagi dua itu, menyatakan turut bersolidaritas dengan Berlin Barat dengan ucapan terkenal: “Ich bin ein Berliner.”
*    1965: Pembangunan tembok tahap ketiga dimulai, menggunakan beton.
*    1975: Pekerjaan pembangunan tembok tahap keempat dimulai, menggunakan segmen beton saling mengikat, dan juga menambah menara pengawas dan pertahanan-pertahanan lainnya.
*    19 Januari 1989: Pemimpin Jerman Timur Erich Honeker mengumumkan tembok itu bisa bertahan 100 tahun lagi.
*    Musim panas 1989: Ribuan orang Jerman Timur lari ke Jerman Barat melalui Hongaria.
*    9 Nopember 1989: Jerman Timur membuka pos-pos pemeriksaan Tembok Berlin.
*    3 Oktober 1990: Jerman Timur dan Barat bersatu kembali.
Kini setelah 20 tahun runtuh dan setelah Jerman bersatu tembok berlin menjadi suatu tugu peringatan yang layak dijadikan pelajaran untuk kaum muda jerman pada masa kini, Kini masyarakat jermanpun dapat bebas melangkah menyeberangi tembok yang tinggal beberapa meter saja dan tembok berlinpun dijadikan sebagai tempat wisata sejarah bukan saja di jerman akan tetapi di Eropa

2 komentar:

  1. Latarnya diganti yah. Komposisi warna latar dan tulisan ada yang tidak dapat terbaca dengan baik.

    BalasHapus